Curriculum Vitae

My Fhoto

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I. DATA PRIBADI

1. Nama Lengkap : Fathurrohman, S.Kom, M.Kom
2. Pekerjaan/ Jabatan : Kepala Tata Usaha
3. Instansi : FMIPA IPB
4. Tempat, Tanggal Lahir : Bogor, 8 Juli 1971
5. Jenis Kelamin : Laki-laki
6. Agama : Islam
7. Status Perkawinan : Kawin
8. Alamat Kantor : Dekanat FMIPA IPB, Kampus IPB Dramaga, Bogor
Telpon/Fax/HP: 0251-8625481
Email : fmipa@apps.ipb.ac.id
9. Alamat Rumah : Perumahan Griya Melati Blok C3 No.6 Bubulak Bogor
Telpon/Fax/HP: 0812-9851-3251
Email : fathurrohman@apps.ipb.ac.id

 

II.  Riwayat Pendidikan :

No Sekolah Nama Sekolah Thn Lulus
1. SD SDN Babakan III Bogor 1985
2. SLTP MTsN Bogor 1988
3. SLTA MAN I Bogor 1991
4. S0 Informatika IPB 1994
5. S1 Sistem Informasi, Univ. Budi Luhur Jakarta 2002
6. S2 Ilmu Komputer, FMIPA IPB 2016

III.  RIWAYAT PEKERJAAN DAN ORGANISASI

No Jabatan Instansi/Unit Kerja Tahun
1. Kepala Tata Usaha FMIPA IPB Des 2016 – sekarang
2. Kasi Pengembangan Karir Tendik dan Sistem Informasi Direktorat Sumberdaya Manusia IPB 2013 – 2014
3. Kepala Tata Usaha Dept. Hasil Hutan IPB 2008 – 2012
4. Kepala Tata Usaha Dept. Ilmu Komputer IPB 2004 – 2008
5. Staf IT FMIPA IPB 2001 – 2004
7. Dosen & Pengelola Lab Komputer D2 Informatika IPB FMIPA IPB 1994 – 2001
8. Anggota Asosiasi Arsiparis Indonesia AAI 1999 – sekarang
9. Anggota Forum Pengelola Arsiparis (FPA) IPB 1999 – sekarang
10. Ketua Komite Sekolah SMPN 14 Bogor 2017 – 2019

IV.  PRESTASI DAN PENGHARGAAN

No Jenis Penghargaan Institusi Tahun Bentuk Penghargaan
1. 5 Nomine tenaga kependidikan berprestasi (tendpres) IPB 2020 SK Rektor IPB
2. 10 Besar pada kelompok TendPres Kategori Arsiparis Tingkat Nasional KemristekDikti 2019 Sertifikat
3. Juara 1 Tenaga Kependidikan Berprestasi Kategori Arsiparis Tingkat IPB tahun 2019 IPB 2019 SK Rektor IPB
4. Satya Lencana Karya Sapta 10 tahun Presiden RI 2012
5. Juara 2 Lomba Web Blog Staff IPB 2012 Plakat
6. Microsoft Certification Excellence (Office Excel) Microsoft 2010 Sertifikat
7. Juara 1 Tenaga Kependidikan Berprestasi Kategori Administrasi Akademik Tingkat IPB tahun 2010 IPB 2010 SK Rektor IPB
8. Juara 1 Tenaga Kependidikan Berprestasi Kategori Administrasi Akademik Tingkat Nasional tahun 2010 Kementerian Pendidikan Nasional 2010 Sertifikat, Piala
9. Sertikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kategori L2 Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional 2007 Sertifikat

V.  SIMPOSIUM/SEMINAR/WORKSHOP (5 tahun terakhir)

No Jenis Pelatihan/Seminar/Workshop/

Bimtek/Sertifikasi

Institusi Waktu Keterangan
1. Webinar Diskusi online Preservasi Arsip Seri-1 “Pengendalian Hama Terpadu Pada Arsip” ANRI Mei 2021 Peserta
2. Webinar Nasional Kearsipan “Arsip Konvensional dalam Era Teknologi Digital” YPPK dan AAI Apil 2021 Peserta
3. Bimtek SDM Kearsipan Bagi PNS yang diangkat dalam Jabatan Fungsional Arsiparis melalui Penyesuaian/Inpassing Angkatan V PTN ANRI 25-27 Nov 2020 Peserta
4. Pelatihan online dengan tema “Manajemen Arsip Digital” Insight Consultant 14 Nov 2020 Narasumber
5. Bimbingan Konsultasi Pengelolaan Arsip Digital FMIPA IPB 20 Nov 2020 Narasumber
6. Bimtek Nasional “Tips dan Trik Menghadapi Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis (PAD)” IPB 31 Okt 2020 Moderator
7. Seminar Hibah Penelitian Kompetitif Tenaga Kependidikan “Peran Penting Tenaga Kependidikan di Era Disruptif” IPB 13-14 Okt 2020 Peserta
8. Pelatihan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Arsip (SIMARSIP) FMIPA IPB 7 Maret 2020 Narasumber
9. Sharing Knowledge Pengelolaan Arsip di Masa Pandemic Covid 19 di lingkungan Perguruan Tinggi IPB 23 Des 2020 Peserta
10. Bimbingan Teknis dan Ujian Sertifikasi Pengelolaan Arsip Dinamis ANRI 14-16 Sept 2020 Peserta
11. Webinar Alternatif Pengarsipan Secara Digital Arsiparia 27 Juni 2020 Peserta
12. Seminar Kearsipan Penerapan Arsiparis dalam era Pandemic Covid 19 IPB 18 Juni 2020 Peserta
13. Webinar Digitalisasi Arsip Statis ANRI 25 Ags 2020 Peserta
14. Mengikuti kegiatan Webinar Penilaian Kerusakan Arsip Statis ANRI 6 Ags 2020 Peserta
15. Mengikuti kegiatan Seminar Nasional Manajemen Informasi dan Kearsipan Universitas Udayana 23 Juli 2020 Peserta
16. Workshop Pengelolaan Kearsipan dalam rangka GNSTA FMIPA IPB 7 Maret 2020 Narasumber
17. Pelatihan Bimbingan Teknis Penyusunan DUPAK bagi Arsiparis SDM IPB 20 Agustus 2019 Peserta
18. Pelatihan Manajemen Pemberkasan Arsip Perpustakaan IPB 27 Nov 2012 Peserta
19. Pelatihan Implementasi Sistem Informasi Manajemen Arsip (SIMARSIP) FMIPA IPB 4 Des 2018 Narasumber dan Ketua Panitia
20. Pelatihan Dasar Microsoft Excel Bagi Tenaga Kependidikan FMIPA IPB FMIPA IPB 29 Juli 2019 Narasumber
21. Penyusunan Nama dan Nilai Jabatan Tenaga Kependidikan PNS di IPB SDM IPB Sept s.d Nov 2018 Tim penyusun
22. Pelatihan Jurnalistik dan Publisitik FMIPA IPB 4 Des 2018 Peserta dan Ketua Panitia
23. Pelatihan Kewirausahaan Budidaya Tanaman FMIPA IPB 20 Okt 2018 Peserta dan Ketua Panitia
24. Pelatihan Bahasa Inggris SDM IPB Oktober 2018 Peserta
25. Pelatihan Teknologi Informasi untuk Tenaga Kependidikan IPB SDM IPB 23-25 Ags 2018 Panitia
26. Pelatihan Teknisi Laboratorium SDM IPB 3-4 Sept 2018 Panitia
27. Sehari Kuliah di FMIPA IPB FMIPA IPB 23 Sept 2018 Sekretaris
28. Achievement Motivation Training FMIPA IPB 29-30 Juli 2017 Peserta
29. Pelatihan Pelayanan Prima FMIPA IPB 30 Agustus 2017 Peserta
30. Sehari Kuliah di FMIPA IPB FMIPA IPB 23 Sept 2017 Panitia
31. Internastional Workshop on Building Collaboration in Biodiversity Informatics Computer Science Department, IPB 5 Okt 2015 Peserta
32. Workshop Bioinformatika dan Aplikasinya pada Pemuliaan Dept. Ilmu Komputer, IPB 19 Nov 2014 Peserta

 

 

Pendidikan non formal/kursus/pelatihan yang pernah diikuti :

No Jenis pendidikan non formal/kursus/pelatihan Lembaga Waktu Keterangan
1. Workshop Penguatan Implementasi e-Procurement Depdiknas Depdiknas 13-15 September 2009 Peserta
2. Lokakarya Sosialisasi Prosedur Operasional Baku (POB) Bidang Akademik dan Kepegawaian Fahutan Fahutan 23 Desember 2009 Peserta
3. Pelatihan Psikologi Pendidikan Mahasiswa untuk Menghasilkan Sarjana Berkompetensi Unggul Dept. Hasil Hutan 13 Mei 2009 Peserta
4. Lokakarya Penjaminan Mutu Pendidikan Dept. Ilmu Komputer 10 November 2008 Peserta
5. Temu Pegawai Dept. Ilmu Komputer ”Pemantapan Kualitas dan Motivasi Kerja” Dept. Ilmu Komputer 16 Desember 2008 Peserta
6 Pelatihan Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Standar Pelelangan Nasional Jasa Konsultasi dan Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah Badan Kajian dan Pengembangan Pengadaan Jasa Konstruksi/Tanah (BKP) 20 – 21 Februari 2007 Peserta
7 Temu Konsultasi Kepegawaian Nasional Cisarua, Bogor Oktober 2007 Peserta
8 Pelatihan Manajemen Pelayanan Prima Di Perguruan Tinggi, Kerjasama PKSDM DIKTI-DEPDIKNAS dengan IPB IPB 7 – 8 Juli 2006 Peserta
9 Pelatihan Peningkatan Kemampuan Manajerial Pejabat Eselon IV IPB 21 September s/d 16 Oktober 2006 Peserta
10 Pembekalan dan Ujian Nasional ”Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah” IPB 26 – 27 Januari 2006 Peserta
11 Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tk. IV Depdiknas 10 November 2005 s/d 21 Desember 2005 Peserta
12. Achievment Motivation Training (AMT) Dept. Ilmu Komputer 23 – 24 April 2005 Peserta
13. Lokakarya Akademik TPB IPB DTPB IPB 11-12 Oktober 2004 Peserta
14. Pelatihan Kepala Tata Usaha SDM IPB 13 – 15 Juli 2004 Peserta
15 Kursus Bahasa Inggris Elementary Level 44 jam LIA Maret 2003
16 Kursus Bahasa Inggris Pre-Intermediate Level 44 jam LIA Juni 2003
17. Pelatihan Mutu Sumberdaya Manusia Bidang Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan BAAK IPB 5-9 November 2001 Peserta
18. Pelatihan Penyusunan Manual dan Prosedur Sistem Mutu LP3 IPB 16-19 Oktober 2001 Peserta
19. Semiloka Manajemen Mutu Terpadu FMIPA IPB 11-12 Mei 2000 Peserta

Pengalaman terlibat dalam kepanitiaan kegiatan pengembangan institusi (baik di Departemen/Fakultas/IPB/Luar IPB) :

No Jenis kegiatan kepanitiaan Unit yang mengadakan Waktu Keterangan
Tahun 2010
1 Tim Pengelolaan Sistem Jaminan Mutu Internal Akademik Program Sarjana di Departemen Hasil Hutan Det. Hasil Hutan Tahun 2010 Anggota
2 Tim Gugus Kendali Mutu (GKM) Dept Hasil Hutan Tahun 2010 Det. Hasil Hutan Tahun 2010 Anggota
Tahun 2009
3 Tim Pembuatan Laporan Evaluasi Diri Dept. Hasil Hutan Tahun 2009 Det. Hasil Hutan Tahun 2009 Panitia
4 Tim Perumus Pembuatan POB Bidang Akademik dan Kepegawaian Fakultas Kehutanan Fahutan Tahun 2009 Koordinator
5 Lokakarya Sosialisasi Prosedur Operasional Baku (POB) Bidang Akademik dan Kepegawaian Fahutan Fahutan 23 Desember 2009 Pembicara
6 Panitia Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil 2009/2010 Det. Hasil Hutan Tahun 2009 Panitia
7 Tim Pembuatan Buku TPB dalam Angka Tahun 2009 TPB IPB Tahun 2009 Anggota
8 Panitia Pelaksanaan Wisuda Tahap I 2009/2010 Fahutan Oktober 2009 Penanggungjawab Perlengkapan
9 Pelatihan Program Aplikasi Pengelolaan Data Akademik (SIDAk) dalam rangka implementasi POB Akademik Jaminan Mutu Fahutan Fahutan 30-31 Juli 2009 Instruktur
10 Pelatihan Program Aplikasi Pengelolaan Data Akademik (SIDAk) dalam rangka implementasi POB Akademik Jaminan Mutu Fahutan Fahutan 30-31 Juli 2009 Panitia
11 Panitia Pelaksanaan Wisuda Tahap III 2009/2010 Fahutan Juni 2009 Seksi Acara
12 Tim Persiapan Akreditasi Internasional Departemen Hasil Hutan Dept. Hasil Hutan 1 Mei – 31 Desember 2009 Anggota
13 Panitia Pemilihan Tenaga Kependidikan Berprestasi Tingkat Fahutan Tahun 2009 Fahutan Maret 2009 Ketua
14 Panitia Pelaksanaan Wisuda Tahap II 2008/2009 Fahutan Februari 2009 Penanggungjawab Perlengkapan
15 Sosialisasi dan Pelatihan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat LPPM IPB 31 Maret 2009 Instruktur
16 Tim Monev PHK A3 DHH Tahun 2009 Dept. Hasil Hutan Tahun 2009 Anggota
17 Panitia Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil 2008/2009 Det. Hasil Hutan Januari 2009 Panitia
18 Panitia Pelaksanaan Ujian Semester Genap 2008/2009 Det. Hasil Hutan Tahun 2009 Panitia
19 Ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2009 IPB Juni 2009 Panitia
20 Tim Gugus Kendali Mutu (GKM) Dept. Hasil Hutan Tahun 2009 Dept. Hasil Hutan Tahun 2009 Anggota
21 Himpunan Profesi MAPEKI (Masyarakat Peneliti Kayu Indonesia) DHH IPB 2009 Sekretaris
22 Himpunan Profesi FTHH (Forum Teknologi Hasil Hutan) DHH IPB 2009 Sekretaris
Tahun 2008
23 Panitia Indonesian Government Center of Excellence (GCEO) Microsoft & UI 2008 Panitia
24 Pelatihan Soft Skill Dept. Ilmu Komputer 25 Oktober 2008 Panitia
25 Computer Literacy bagi mahasiswa Program Magister Mayor Sistem dan Pemodelan Perikanan Tangkap Dept. Ilmu Komputer 15-20 Februari 2008 Panitia
26 Ujian Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2008 IPB 2-3 Juli 2008 Panitia
27 Panita Pengadaan Barang/Jasa FMIPA IPB Tahun 2007-2008 Ketua
28 Program Hibah Kompetisi (PHK) A2 Departemen Ilmu Komputer FMIPA IPB, Ilkom FMIPA IPB Tahun 2006-2008 Wakil Ketua Bidang Administrasi dan Keuangan
Tahun 2007
29 Implementasi Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Sistem Karir Laboran/Teknisi SDM IPB 14 dan 17 Desember 2007 Instruktur (untuk Sistem DUPAK Laboran)
30 Magang SIMAK ILKOM untuk Staf Universitas Sriwijaya Dept. Ilmu Komputer 3-15 September 2007 Instruktur
31 Pelatihan Soft Skill Dept. Ilmu Komputer 1 September 2007 Panitia
32 Pelatihan Perhitungan Angka Kredit dan Penyusunan DUPAK di Lingkungan IPB (sosialisasi software SIMDUPAK) SDM IPB 28-29 November 2007 Pembicara
33 Pelatihan Operator Software Terpadu di Lingkungan IPB SDM IPB 26-27 November 2007 Pembicara
34 Sosialisasi Program SIMDUPAK IPB kepada pimpinan IPB (Dekan, Wakil Dekan, Dosen) IPB 6-7 Desember 2007 Pembicara
35 Magang Materi Sistem Basis Data untuk Staf Universitas Sriwijaya Dept. Ilmu Komputer 13 November -1 Desember 2006 Pengajar
36 Penerapan Teknologi Multimedia dalam Proses Belajar Mengajar Dept. Ilmu Komputer 28 Agustus – 9 September 2006 Panitia
37 Seminar Ilmu Komputer Dept. Ilmu Komputer 16 September 2006 Panitia
38 Magang Materi Sistem Basis Data untuk Staf Universitas Negeri Padang Dept. Ilmu Komputer 3 – 18 Juli 2006 Pengajar
39 Panita Pengadaan Barang/Jasa FMIPA IPB Tahun 2006 Anggota