Mobilitas Sosial


Saat sore hari tiba, saat saya tiba di rumah, pulang dari pekerjaan. Pada suatu sore tertentu, sampai di rumah melihat anak saya sedang belajar ilmu sosial, lalu coba saya dekati, dan ternyata dia sedang belajar tentang Mobilitas Sosial. Ehhmmmm…ternyata tertarik juga dengan materi topik tersebut. Saat saya sekolah dulu sepertinya belum pernah mendapatkan materi tersebut, atau saya yang ga pernah mau belajar saat materi tersebut..he..he..

Setelah saya ikuti anak belajar dan sedikit baca, jadilah muncul untuk mencoba merangkum dan menulis tentang materi ini. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan inspirasi bagi pembaca. 

Ayo kita “Start…” ya…:)

Mobilitas Sosial adalah suatu proses perpindahan dari suatu posisi atau lapisan atau kedudukan sosial seseorang atau sekelompok orang dari posisi sosial tertentu ke posisi sosial lainnya. Pada dasarnya Mobilitas sosial ada tiga jenis. Ketiga jenis mobilitas sosial tersebut adalah :

Mobilitas Vertikal

Jenis mobilitas vertikal ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu :

  1. Mobilitas Vertikal ke Atas (Social Climbing), yaitu perubahan kondisi sosial seseorang ataupun kelompok orang dari posisi sosial bawah ke posisi sosial atas. Sebagai contoh : seorang yang terbiasa melakukan perbuatan hina berubah menjadi seorang yang begitu alim sehingga dapat menjalankan kehidupan menjadi lebih baik di jalan Alloh SWT.  Contoh lain, misalnya, seorang anak yang tadinya suka males belajar kemudian berubah menjadi anak yang sholeh.
  2. Mobilitas Vertikal ke Bawah (Social sinking) , yaitu perubahan kondisi sosial seseorang ataupun kelompok orang dari posisi sosial atas ke posisi sosial bawah. Sebagai contoh : Sesorang yang tadinya menjadi wakil rakyat atau pejabat atau pemimpin yang sudah mendapatkan amanah dari rakyat tiba-tiba dia melakukan perbuatan yang hina seperti korupsi sehingga posisinya dicopot dan dipenjara.

Mobilitas Horizontal, yaitu perubahan kondisi sosial seseorang ataupun kelompok orang dari posisi sosial tertentu ke posisi sosial lain yang sederajat.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya mobilitas sosial, yaitu :

  • Faktor Strukrutal
  • Faktor Individu
  • Faktor Sosial
  • Faktor Ekonomi
  • Faktor Politik

Selain itu ada juga beberapa faktor yang menjadi penghambat mobilitas sosial, yaitu :

  • Kemiskinan
  • Diskriminasi

Ahhh…udah ah segitu dulu ilmu yang baru diperoleh…buat anakku mudah-mudahan mengeti materi mobilitas sosial ini ya dan dapat mengambil manfaatnya untuk menjadi lebih baik…ok.

Semoga bermanfaat

This entry was posted in Berita, Pendidikan, Personal, Siraman Rohani, Umum and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.